5 Tips Anak Berani Tampil

Jujur, saat masih kecil, Bunda pemalu dan nggak berani tampil. Karenanya, penting bagi Bunda agar anak-anak Bunda berani tampil. Dan Alhamdulillah sekarang Hana berani banget tampil.

anak-berani-tampil

Hana tampil mendongeng tentang Sapi pada acara Milad Sekolah yang disponsori oleh Susu Ultra

Kalau Bunda perhatikan lagi perkembangan Hana, kira-kira ada 5 hal yang akhirnya membuat Hana bisa sepemberani itu.

  1. Di rumah, kami berusaha sebisa mungkin ‘nanggap‘ Hana setiap dia punya kebisaan baru. Iya, nanggap, kayak nanggap wayang gitu.
  2. Saat ditanggap, kalau dia salah — apalagi kalau lucu banget jadinya — kami malah berusaha untuk nggak tertawa. Jadi dia tetap pede melanjutkan tampilannya.
  3. Kami cari apa yang menjadi minat dan bakatnya. Kami kulik terus di rumah. Kenapa? Kalau sudah jadi minat dan bakat, dia akan melakukannya dengan baik. Ini bagus untuk membangkitkan kepercayaan dirinya.
  4. Kami carikan wadah. Baik yang sesuai minat dan bakat, ataupun wadah apapun yang membuat dia bisa tampil. Kami beruntung, karena saat Hana beranjak besar, ada Komunitas Dongeng Minggu yang diadakan setiap bulan di Gramedia Matraman. Di komunitas itulah keberanian Hana benar-benar terasah.
  5. Jangan pernah berhenti dan selalu arahkan. Seperti sekarang, komunitas dongeng sudah vakum, tapi saya selalu berusaha tetap mendorong Hana untuk berani tampil. Misalkan dari yang paling kecil ruang lingkupnya, di acara ulang tahun teman dan saudara, lalu lomba di sekolah, hingga lomba dengan cakupan lebih luas, misalnya yang bertaraf nasional.

Anak Ayah-Bunda juga bisa kok berani tampil. Yang penting, kita sebagai orang tua selalu mendukung dan memastikan kita percaya dengan kemampuan mereka.

Mari Berbagi
(Visited 146 times, 1 visits today)
, ,
2 comments on “5 Tips Anak Berani Tampil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *