7 Hal Penting dalam Memilih Sekolah

Biasanya pertengahan tahun ajaran seperti sekarang ini, orang tua sibuk memilih sekolah untuk anak-anak. Ambil formulir sana-sini, ikut trial di mana-mana, bahkan ikut tes masuk di beberapa sekolah.

Seru banget, pastinya. Bunda juga dulu begitu. Terutama saat Hana mau masuk TK, karena banyak pilihan. Tapi saat masuk SD, pilihan Bunda mengerucut. Jadi, nggak rempong-rempong amat.

Sebenarnya, apa aja sih, yang perlu diperhatikan dalam memilih sekolah? Biayanya, itu pasti. Hasil lulusannya. Guru-gurunya. Programnya. Nah, masalah program ini perlu diperdalam lagi.

Apa yang ingin kita titik beratkan dalam hal ilmu dan pelajaran yang didapat anak?

Apakah materi akademisnya? Atau muatan agamanya? Atau keseimbangan pelajaran eksakta dan non-eksakta? Atau budi pekerti yang ditanamkan kepada anak-anak?

Budi pekerti dan akhlak adalah hal yang sangat penting dan mendasar. Sepandai-pandainya seorang anak, jika tidak diikuti budi pekerti dan akhlak yang baik, sungguh sangat disayangkan.

Dalam menanamkan budi pekerti dan akhlak yang baik, kita sebagai orang tua tidak bisa berjalan sendiri. Perlu adanya kerja sama dengan pihak sekolah. Apalagi anak menghabiskan cukup banyak waktu di sekolah.

Lalu, bagaimana caranya memilih sekolah yang tidak mengabaikan budi pekerti dan akhlak?

  1. Perhatikan kebersihan lingkungan sekolah. Bukan hanya lapangan dan kelas, tapi juga WC-nya. Kebersihan sebagian dari iman. Jika fisik sekolah bersih, semoga saja, hati para siswa juga sama bersihnya.
  2. Perhatikan kerapian pakaian para siswa.
  3. Perhatikan kegiatan ujian atau ulangan. Apakah siswa ada yang mencontek? Atau semua mengerjakan dengan jujur atau tidak?
  4. Perhatikan bagaimana para siswa dalam berinteraksi dengan guru, begitu pun sebaliknya.
  5. Perhatikan bagaimana para siswa saling berinteraksi. Apakah mereka sopan dalam bertutur kata atau tidak? Apakah mereka berbuat kasar kepada teman-teman atau tidak?
  6. Cari tahu dari berbagai sumber lainnya mengenai sekolah tersebut. Apakah ada pem-bully-an atau tidak? Apakah pernah ada kasus tidak mengenakkan di sana?
  7. Pada beberapa sekolah, selain open house, juga ada trial. Pastikan setelah itu, kita meminta pendapat anak, apa yang ia rasakan saat di sana. Jangan lupa, yang akan menjalankan keseharian di sekolah itu adalah anak kita, bukan kita. Jadi, pendapatnya sangat penting. :)

Demikian 7 hal penting dalam memilih sekolah versi Bunda. Semoga bermanfaat. :)

Sumber gambar: Kumpulan Gambar

Mari Berbagi
(Visited 257 times, 1 visits today)
4 comments on “7 Hal Penting dalam Memilih Sekolah
    • iya perlu juga, tapi aku lihat beberapa anak yg fun2 aja dengan jarak yg jauh, asal didukung transportasi yang nyaman (atau cepat). jd soal jarak bisa diantisipasi. :)

    • 😀 Iya, bisa juga. Atau cari tau dari ortu yang anaknya sekolah di sana. Mudah2an ketemu yang bener2 jujur tapinya. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *