Anak Bunga Matahari

Seperti yang Bunda ceritain di SINI, Muhammad sudah tidak ng-ASI. Ya, anak kedua Bunda ini sudah minum susu formula.

Tapi, jika biasanya anak susu formula identik dengan julukan ANAK SAPI, Muhammad nggak dapat julukan itu.

Anak Bunda ini adalah ANAK BUNGA MATAHARI.

Jadi gini, Muhammad punya alergi susu sapi. Bunda tahunya saat Muhammad usia kurang lebih 1 bulanan dan Bunda masih ng-ASI, napasnya bunyi grok-grok dan kulitnya bentol-bentol merah. Setelah Bunda puasa minum susu sapi (dan makan turunannya seperti keju, yogurt, dll.), nggak makan telur, ikan laut, dll., dsb. selama 3 minggu, dan setelah itu dicobakan minum dan makan semua itu satu per satu, kami pun tahu. Muhammad alergi susu dan alergi ikan laut.

Saat ke dokter gizi kedua, Muhammad dites, apakah alergi susu sapi dan soya. Hasilnya sih nol. Ini masih jadi pertanyaan Bunda. Kenapa kok hasilnya nol, tapi sampai sekarang selalu grok-grok dan bentol jika terpapar kedua alergen tersebut?

Back to topic. Nah, berdasarkan alergi tersebut, ahli gizinya pun memilihkan susu Neocate untuk Muhammad.

Eng ing eng! Baiklah…kami pun membelinya di tempat yang direkomendasikan sang ahli gizi karena harganya lebih murah — dan kebetulan kemarin juga baru dapat info dari dsa langganan kami, dr. Herbowo, untuk harga yang lebih bersahabat.

Well,  tadinya Bunda pikir, harganya hanya sedikit di atas susu formula biasa. Ternyata susu Neocate dijual dengan kisaran harga 315 s/d 395 ribu! DOENG! Dan itu, hanya untuk 400 mg. Cakep kan?

Sementara takaran per hari Muhammad adalah sekitar 24-33 sendok takar. Jadi, mestinya 1 kaleng maksimal hanya untuk 4 hari. Baiklah. Hehe. Anything for Muhammad.

Apa ya yang membuat harga susu ini ‘cakep’ banget? Hehe. Ini adalah susu hypoallergenic. Jadi, aman untuk penderita alergi. Susu neocate ini di antaranya dibuat dari minyak bunga matahari. Makanya, Bunda sebut Muhammad sebagai ANAK BUNGA MATAHARI. :)

Susu ini juga ternyata diproduksi di Liverpool, Inggris, dan diimpor oleh Nutricia. Mungkin hal itu juga salah satu penyebab harga cakepnya.

Tapi, seperti Bunda sudah sebut, Bunda usahakan segala-galanya supaya Muhammad bisa mengonsumsi susu ini. Dan, Alhamdulillah, sahabat dan keluarga juga bantu. Makasih ya. Hehe.

Jadi, demikianlah kisah Muhammad si Anak Bunga Matahari dan sahabat barunya, sang susu formula hypoallergenic yang kini rajin menemani Muhammad setiap saat, gantiin Bunda yang kangen ng-ASI. Hiks!



Mari Berbagi
(Visited 330 times, 1 visits today)
,
20 comments on “Anak Bunga Matahari
  1. Muhammad lebih beruntung, dapat 10 bulan. Key hanya 3 bulan, karena ASI-ku tidak mencukupi, padahal segala upaya sudah dicoba. Sediiih. Tapi apa boleh buat. Kalau memang sufor lebih baik buat anak2 kita, why not? Meski utk itu harus merogoh kocek lebih dalem. Sehat2 ya, Muhammad. ^^

    • Iya, Dhy. Sedih banget. Apalagi skrg sudah gak keluar lagi nih. Minggu2 lalu masih ada dikit walau gak aku kasihin.

      Aamiin. Kei juga sehat selalu ya. Makasi, tante Dhy. ^_^

  2. anak saya yang pertama usianya 16 bulan tapi dia gak mau susu formula. Istri sebaiknya segera menyapih karena sedang hamil/mengandung anak kedua. Jadi masih bingung nih nyari susu formula yang pas untuk anak pertama. Susah juga ya cari susu formula yang pas untuk anak :)

    • Kalau susu cair sudah coba, Mas? Walau sebenernya anak usia 16 bulan kabarnya, asal makannya bagus, gak harus minum susu. Dan, iya, sebaiknya segera menyapih ya, kasian dedek bayi di kandungannya, rebutan gizi. :) Selamat ya untuk kehamilannya. Salam tuk istri. :)

  3. salam kenal bunda,
    mau sharing tips boleh? dulu anak kedua saya juga alergi, ketahuannya sebelum 1 tahun. pernah saya kasih susu formula, sekujur tubuhnya langsung bengkak dan bentol2 (untung gak sampai sesak nafas), jangankan sufor, dicoletin eskrim dipipinya aja langsung merah2. parah banget kan. Dia juga berkulit sensiftif, terakhir pas saya kekampung kena impetigo, dan kalau luka berbekas. huhuhu. (eh tipsnya manah? )
    Kata dokter kami, setelah satu tahun secara bertahap anak2 akan membentuk imunitas, jadi setelah satu tahun saya mulai sedikitdemisedikit nyobakan sufor ke sufyan. ALhamdulillah, semakin hari resistensi dia thd sufor semakin berkurang. Jadinya sampai sekarang pun bisa minum susu sapi.
    salam buat hana dan muhammad ya.

    • Salam kenal juga :).

      Wah makasih tipsnya, Bun. Kemaren2, aku udah cobakan juga susu cair 1-2 sendok, keluar bentol2. Akhirnya distop dulu. Mungkin udah harus dicoba lagi kali ya? :)

      Seneng kalo baca tips2 gini, karena jadi tenang akunya. Hihi. Soale udah kebayang nanti2 kalo Muhammad udah gede, kami makan pizza, dia gak bisa dong? Masa pesen pizza gak pake keju? Hihi. *kejauhan ya mikirnya?* ^_^

      Sekali lagi, makasiii…

  4. Bayi kami 5 bln, jg sdg mengkomsumsi susu neocate. Tp kami sgt susah mdaptx. Trpaksa minta tlg saudara dijakarta ntuk mbelix, krn kami tinggal dimakassar.. mohon infox bunda, dimana didaerah jakarta yg menjual susu neocate dgn harga yg lbh bersahabat. Krn anak kami sgt mbutuhx susu tersebut. Makasih byk sebelumx.

  5. Assalamu alaikum.. bayi jami 5 bln, jg diharusx dokter minum neocate, krn alergi sdh parah. Sedih skali liat keadaanx skrg. Dit4 kami tdk ada dijual susu neocate, dimakassar. Gmn ya bunda agar kami bisa mendapatkan susu itu, mohin pertolonganx. Bunda bisa minta nomer hpx. Makasih byk sebelumx..

    • Wa’alaikum salam wr wb. Bun, saya pernah email dulu itu, kasih infonya, tapi mental emailnya, gak bisa terkirim. Coba Bunda whatsapp ke saya di 08158924153 ya. Nanti kita bisa ngobrol.

  6. Bunda, baby saya usia 2m. Asi+sufor. Lebih byk sufor. asi sdh dilakan dg berbagai cara agr lanvar dan deres.tp apa daya. Si baby eskim pd kulit dan bab nya ada flek darah (waktu itu susu lactogen)lalu sm dokter diganti dg pregestimil. Udh mau habis 7 kaleng kog muncul eskim kembalia. sya jd takuf bun

    • Kalo menurut saya pribadi, konsul ke dokter spesialis anak sub spesialis gizi agar yakin. Sambil diusahakan konsultasi ke klinik laktasi. Jika masih belum keluar juga ASI-nya, tanyakan ke dokter spesialin tersebut, diganti dengan apa.

  7. Bunda Saya juga baru konsul ke Dr widodo. Krn anak Saya usia 8 bulan hipersensitif saluran cerna.

    Muhammad alergi susu soya juga yah? Kalau makan yg terbuat Dr soya alergi juga ga kaya Tempe tahu?

    Gimana cara kita tau secara spesifik anak alergi apa ya?
    Makasih bun

    • Waktu itu Muhammad dites alergi susu sapi aja. Menurut dokter gizinya, kemungkinan besar alergi soya juga. Makanya saat saya masih ng-ASI, saya berhenti makan tahu tempe dan turunan kedelai lain, Muhammad aman-aman saja.

      Kalau mau tau alergi apa, bisa ikut tes, atau dicobakan. Saat konsul ke dr. Widodo dijelaskan kah cara-caranya? Karena saya juga belajar dari blog beliau. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *