Anak dan Kakek-Nenek-nya

hana-nenekBagi sebagian besar anak dengan kedua orang tua bekerja, kedekatan dengan kakek dan nenek tak dapat dihindari. Memang lebih aman jika mereka juga diawasi oleh keluarga sendiri, ketimbang jika hanya dengan pengasuh.

Hana pun begitu. Namun, agar tidak terlalu merepotkan, Bunda selalu menyiapkan pengasuh. Jadi, fungsi kakek dan neneknya hanya sebatas mengawasi.

Tapi, ternyata, kakek dan neneknya juga ingin berperan serta lebih. Nah, si Bunda agak keberatan. Bukan apa-apa, Bunda merasa bersalah jika keberadaan Hana justru menjadi beban.

Wah, ternyata Bunda salah besar. Kakek dan nenek Hana sama sekali tak beranggapan begitu. Bagi mereka, Hana dengan segala tingkah polahnya adalah penghibur di rumah yang sudah tidak ada anak kecilnya lagi itu.

Bahkan, jika kakeknya sedang tak enak badan, hanya dengan melihat Hana, maka sakitnya berkurang. Dan, neneknya, padahal baru berpisah satu jam dari sang cucu, sudah menelepon ingin bicara dengan Hana. Kangen, katanya.

hana-kakekSetelah ditilik, memang nampaknya keberadaan Hana membawa warna tersendiri di rumah kakek dan neneknya. Jadi, Bunda tak perlu khawatir.

Hanya saja, ada pula yang perlu diperhatikan jika menitipkan anak di rumah kakek neneknya:

  • Pastikan bahwa aktivitas kakek dan nenek tidak terhambat karena si cucu. Misalnya, jika kakek dan nenek punya acara, ada baiknya Bunda atau Ayah mengalah. Toh kakek dan nenek tidak melulu harus mengurus cucu kan?
  • Yakinkan kepada kakek dan nenek bahwa si cucu jangan terlalu dimanjakan. Berikan patokan dan batasan apa saja yang boleh bagi si cucu.

Ada yang punya pengalaman lain dengan penitipan anak kepada kakek-nenek-nya?

Mari Berbagi
(Visited 25 times, 1 visits today)
, ,
3 comments on “Anak dan Kakek-Nenek-nya
  1. hueee…pengalaman 2.5thn nitipin anak ke mbahnya, toleransi musti tinggi Nad
    trus menurunkan standar pengasuhan, karena kalau sama mbahnya kan apa-apa bowleh, si anak kalau bisa jangan sampai nangis. alhasil ortu mau menerapkan teknik negoisasi dgn anak awalnya agak alot karena si anak merasa punya bekingan …hehehe
    tapi gimanapun juga berterima kasih sekali mbah kakung&mbah putrinya mau dititipin anak, selain anakku jg dapet pelajaran budi pekerti, aku lebih tenang ninggalin anak buat kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *