Anak Demam Dikompres Alkohol, Boleh Nggak?

demam jangan kompres alkoholPernah dengar tentang kompres alkohol saat anak demam? Atau pernah mencoba? Sebenarnya boleh atau enggak, ya?

Nah, ternyata kompres alkohol sudah tidak digunakan lagi, karena, menurut IDAI, kompres dengan menggunakan alkohol tidak efektif menurunkan suhu tubuh. Inhalasi alkohol selama kompres berbahaya, dapat menimbulkan hipoglikemia dan koma.

Apalagi, alkohol katanya bisa diserap melalui kulit maupun melalui pernapasan, sehingga bisa mengakibatkan keracunan alkohol. Aih serem juga ya?

Saran Bunda, jika anak demam, coba lakukan kompres air hangat. Jangan kompres dengan air dingin juga, salah satunya karena bisa membuat pusat pengaturan panas dalam tubuh jadi kacau.

Dan, yang nggak kalah penting, pastikan di rumah punya termometer. Kalau punya dana lebih, bisa beli yang digital. Kalau dompet lagi tipis, beli termometer air raksa aja. Kalau nggak salah, harganya 9 ribuan saja, kok. Kalau nggak tahu cara memakainya, minta petugas apotek mengajari, ya.

Oh ya, kabarnya sekarang ada baby head thermometer, termometer yang ditempel di kening bayi. Bentuknya tipis kayak kertas gitu, ada angka-angkanya, 35, 36, 37, dll. Selain untuk bayi, termometer model begini juga cocok buat anak yang anti termometer (kayak Muhammad, tapi semoga nggak harus beli dalam waktu dekat, alias Muhammad sehat-sehat aja, Aamiin).

Yang terakhir, jangan lupa mencari tahu penyebab anak demam. Karena sebenarnya, demam merupakan indikator bahwa tubuh kita sedang berupaya  menyingkirkan infeksi. Diskusikan dengan dokter spesialis anak langganan apa penyebab demam.

Untuk memudahkan dokter dalam mendiagnosa, infokan dengan mendetail suhu tubuh anak semenjak mulai demam. Karena, beberapa jenis kuman menimbulkan pola demam yang khas. Misalnya variasi suhu tubuh pada penyakit DBD dan tipus.

Mari Berbagi
(Visited 16 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *