Anak Jatuh dan Terbentur, Harus Bagaimana?

anak kecil

Waktu Hana masih bayi, kira-kira usia sepuluhbulan, Hana jatuh dari tempat tidur. :(

Ceritanya gini:

Motorik kasar Hana memang agak terlambat kalau dibandingkan dengan kemampuannya bicara. Di usia sembilan bulan, sudah ada kata-kata yang bisa dia ucapkan (makanya sampai gede dia cerewet, hehe). Jadi di usia sepuluh bulan itu, dia belum bisa merangkang maju. Sesekali merangkang mundur. Udah gitu, dia bukan tipe anak yang nggak bisa diem banget. Jadi, Bunda kurang waspada. :(

Waktu itu ada tukang PLN di depan rumah. Bunda harus keluar nemuin karena si Abi masih di kantor dan Mbak-nya Hana belum datang. Bunda tarok beberapa guling di pinggir tempat tidur. Waktu Bunda nemuin si tukang PLN, tiba-tiba terdengar bunyi gedebuk! Hiks! Iya, Hana jatuh. Bunda langsung histeris. Tetangga berdatangan. Jidat Hana benjol segede telor. Duh, ngerasa bersalah banget.

Waktu itu, Mama Papa dan adik Bunda langsung datang. Hana diurut badannya di tukang urut langganan. Lebih ke meriksa apa ada keseleo atau nggak sih. Tapi katanya cuma dikit di bahu. Sorenya langsung dibawa ke DSA langganan untuk periksa benjolannya itu. Alhamdulillah, kata DSA-nya nggak apa-apa. Bunda sempet sharing tentang urusan jatuh ini di sini.

Tapi, psssttt…jidat Hana penyok, dan sampe sekarang masih lho. Ada lengkungan yang setiap Bunda lihat, bikin Bunda sedih banget.

Terus, kenapa tiba-tiba sharing soal jatuhnya Hana yang sudah bertahun-tahun itu?

Jadi gini, tadi di twitter dr. Piprim B Yanuarso, ada seorang ibu yang menanyakan tentang anaknya yang jatuh. Dr. Piprim meminta si ibu membaca twitter favorit di DokterAnakKita untuk info tentang itu. Bunda pun meluncur ke sana.

Di samping itu, Bunda punya keponakan yang lucu banget, namanya Humaidah yang biasa dipanggil Hum. Si Hum ini berusia 1 tahun 2 bulan, aktifffff banget. Jadi, beberapa kali sempat jatuh. Nah, Bunda jadi terinspirasi untuk berbagi info tentang jatuh dan benturan kepala ini, karena pasti Bunda dan Ayah lainnya juga mengalami hal yang sama. :)

Berikut ini Bunda share di sini info dari twitter favorit DokterAnakKita:

  • Punya anak aktif sdh tentu menyenangkan, namun kadang bikin AyBun panik kalo suatu saat terjatuh apalagi smp luka
  • Yg ingin sy share kali ini ttg trauma kepala atau terbentur, biasanya AyBun khawatir kalo efeknya akan merusak otak, bener ga sih?
  • Trauma kepala ringan sering tanpa gejala, krn itu penting utk memantau keadaan anak, khususnya anak <2th, pasca terbentur – knp <2th?
  • Anak <2th lebih sering terbentur kepalanya dibanding anak yg lbh besar, krn fungsi koordinasi geraknya blm sempurna betul
  • Anak <2th rata2 blm bisa menyampaikan keluhan yg dirasakan dg bahasa yg tepat, shg AyBun hny bisa nebak2 apa yg dirasakan anak stl terbentur
  • Meski tanpa keluhan, stl terbentur sebaiknya anak diawasi slm 48 jam utk memastikan kondisinya. Apa saja yg mesti dipantau?
  • Ada bbrp gejala yg jd tanda bahaya setelah terbentur, a.l: 1) hilangnya kesadaran, 2) sakit kepala berulang, 3) muntah-muntah, 4) kejang, 5) buta sementara, 5) kepala benjol disertai memar kebiruan krn pecahnya pembuluh darah bwh kulit (hematom)
  • Hematom di daerah pelipis, atau belakang kepala, lbh berisiko disertai kerusakan otak drpd hematom di dahi, apalagi jk ukurannya >5cm
  • Klo ada hematom, hindari memijit2 benjolannya (sekedar usap2 sih gpp), kompres dg es utk kurangi bengkaknya, bisa juga diolesi salep memar
  • Klo ada luka, bersihkan dg air & sabun, tekan daerah yg berdarah ±10mnt » jk lukanya dalam/perdarahan sulit berhenti bawa ke klinik terdekat
  • Pemberian analgesik (parasetamol) masih diperbolehkan, ttp obat anti muntah sebaiknya dihindari krn dpt mengaburkan gejala lanjutan
  • Kondisikan anak utk lbh tenang, usahakan mau istirahat, temani anak atau minta pengasuh ajak main di dlm rumah spy pengawasan lbh mudah
  • Bawa ke RS jk anak menunjukkan gejala: 1) penurunan kesadaran/perubahan perilaku, 2) sakit kepala/muntah menetap, 3) kejang/gelisah, 4) gangguan koordinasi misalnya sulit bicara/jalan tdk seimbang/mjd kurang terampil » dokter mungkin akan menganjurkan CT Scan kepala
  • Waspadai jg kekakuan di leher akibat perdarahan otak atau keluarnya cairan bening dr hidung/telinga krn retaknya tulang tengkorak :(
  • Kelihatannya serem ya? Kenyataannya lbh melegakan, anak2 tdk serentan yg kita sangka, dan ada kiat2 spy anak ga sering terbentur :)
  • Pencegahan sdh perlu dilakukan saat bayi mulai dpt berguling (2-3bln), taruh guling pembatas/siapkan kasur cadangan di samping tempat tidur
  • Anak yg sdh bisa berdiri sebaiknya slalu dlm pengawasan, lindungi dari ujung2 perabot yg keras & dpt melukainya
  • Baby walker sdh srg jd biang kecelakaan di dlm rumah, sebaiknya tdk dipakai – rawan tergelincir apalagi jk lantai dibiarkan licin
  • Anak yg sdh bisa jalan/lari/manjat2, usahakan ga bisa buka tutup pintu/lemari atau narik2 taplak meja yg jd peluang utk jatuh & terbentur
  • Klo ada tangga di rumah, pasang pagar pengaman di tempat naik & turun yg hanya bisa dibuka oleh org dewasa
  • Oiya, benturan kepala selain krn kecelakaan/tdk sengaja, mungkin jg tjd akibat kekerasan oleh org dewasa, waspadai ini juga ya!
  • Meski umumnya benturan kepala ringan tdk sbbkan kerusakan otak atau komplikasi serius, keamanan anak yg aktif tetap perlu dijaga :)
Memang, anak aktif lebih berisiko jatuh atau terbentur, dijaga aja dengan lebih waspada. Tapi, jangan dilarang-larang ya. Karena Bunda baca di sini, aktifitas anak juga memberi stimulus tambahan bagi otak untuk meningkatkan kecerdasan, bukan hanya cerdas dalam bergerak, namun juga mendapat wawasan.

Oh ya, untuk info lainnya seputar kesehatan anak, bisa juga intip DokterAnakKita atau tweet favorit DokterAnakKita di https://twitter.com/#!/dokteranakkita/favorites.



Mari Berbagi
(Visited 54,112 times, 6 visits today)
, ,
87 comments on “Anak Jatuh dan Terbentur, Harus Bagaimana?
    • bunda, jadi jidat hana yang penyok brapa bulan baru krmbali ke bentuk biasa?? karna anak saya jatuh pas umur 6 bulan dr tmpat tidur skrg uda mau 10 bulan blm hilang bekas penyok nya, dibawa kedokter smua baik2 aja

    • Mbak Wulan, guess what, sampe sekarang masih penyok. :) Dan Alhamdulillah kayaknya gapapa. Dulu juga Hana aku cek ke dokter, katanya gapapa. Cuma…jadi kenang2an aja buat dia. Hehe.

  1. Manfaat bgt nih artikel…kmrn anakku jath d kmr mndi dan kpla bagiian blkng ny kna bnturan…usia anakku 1thn 2 bln…stlh trjatuh gda efek yg mncurikan sih slaim pas mlmny dy mungkin mmpi kjadian jatuh it jd bngun trs nangis… Mncoba brpikiran positf wlwpn deg deg an tkt knp knp…..to smg snua baik baik aj amin

    • Anak saya juga mengalami hal yang sama, sekitar stgh jam yg lalu, mau saya mandikan, tiba2 dia jatuh kebelakang, saya sampai takut knapa2 gemetar juga.. Anak saya umur 1 thn 7 bulan.. Saya mau nanya juga.. Umur segitu tengkorak batita uda mulai mengeras ato belum??

    • Semoga anaknya tidak apa-apa ya. Untuk tengkorak sudah mengeras atau belum, saya kurang tahu, tapi biasanya ubun-ubun tidak lembek lagi setelah usia 2 tahunan ya? Silakan tanyakan langsung ke DSA ya :).

    • Skrg anak bunda gmn bun? Anak saya juga gt, dan skrg usia 3thn 8bln, benjolnya msh ada. Sy jd parno

    • Anak saya so far Alhamdulillah gapapa, kadang kalo lagi imunisasi atau cek ke dokter, saya suka iseng tanya. Katanya sih gapapa. :)

  2. Mbak anakku sering jatoh ter bentur kepala nya bagian belakang kira2 nya solusi apa yg bagus biar saya g terlambat? Low ada ma pengobatannya mksh,n,

    • Yang paling penting sekarang dihindari dulu sedemikian rupa supaya gak jatuh ya, Bun. Kalau sampai kejadian lagi (semoga enggak ya), dicek tanda-tanda sbb:

      Ada bbrp gejala yg jd tanda bahaya setelah terbentur, a.l: 1) hilangnya kesadaran, 2) sakit kepala berulang, 3) muntah-muntah, 4) kejang, 5) buta sementara, 5) kepala benjol disertai memar kebiruan krn pecahnya pembuluh darah bwh kulit (hematom)

      Jika ada, segera ke dokter ya…

    • Pertama2, diperhatikan dulu kenapa sering jatuh, lalu dihindari. Jika tidak ada tanda2 sbb, mungkin tidak apa2.

      Ada bbrp gejala yg jd tanda bahaya setelah terbentur, a.l: 1) hilangnya kesadaran, 2) sakit kepala berulang, 3) muntah-muntah, 4) kejang, 5) buta sementara, 5) kepala benjol disertai memar kebiruan krn pecahnya pembuluh darah bwh kulit (hematom)

  3. Saya waktu usia sekitar 3-4th pernah jatuh dan jidatnya benjol besar sekali kalau ga salah kebiruan. Tidak lama kemudian jatuh lagi keras…kena belakang kepala hingga kepala saya lunak sampai beberapa hari.
    Apa bisa dikatakan berbahaya?
    Memang rasanya ada efeknya setelah sekian tahun..
    Terima kasih

    • Jika ada efeknya, saran saya diperiksakan saja, Bun, karena saya punya teman yang jatuh saat kecil dan ternyata ada efeknya hingga sekarang sehingga ada beberapa aktivitas yang dilarang oleh dokter.

    • Mbak, temennya jatuh waktu kecil gimn yaa jatuhnya?? Apaa dia ada tanda2 seperti.yg mbak sebutkan sehingga ber efek.sampe dewasa? Atau tanpa. Tanda2 yg disebutkan ternyata pas besarnya ada efeknya??

    • Efeknya sepertinya tidak langsung. Dan sekarang, setelah dewasa baru kerasa, saat aktivitas tidak nyaman.

  4. Aduh…kamis kemaren dedek jihan jatuh dari kasur bun…padahal lg tdr lelap umi tinggal masak didapur. Jidat sebelah kiri ngejenong…dah 4 hari ini kok ga kempes ya….apa ada obat buat kempesin benjolnya itu ya bun…? O, iya dedek jihan umurnya 8 bulan…jatuh dari ranjang 50 cm tingginya..

    • Kalo gak salah pake trombopop, Bun…atau bawa ke dokter untuk memastikan tdk apa2. Semoga sekarang sudah kempes dan Jihan tidak apa2 ya. Aamiin.

  5. Asalamualaikum bun,,,bun,anak saya bening 3 tahun jatuh maenan roda,trus kepala bagian belakang kebentur paping halaman rumah belakan,,benjol sih bun,tp blm ilang juga,waktu 1 hari katanya skit,tp setelah itu dh sembuh skitnya,tp msih aja benjol aja meski gk memar biru ato merah bun,gejala yg bunda sebutkan diatas gk ada bun,anak msih tetep aktif,apa benjolanya bakal hilang bun? Bahaya gak bun? Makasih sebelumnya atas infonya bun,,,,wasalam,,,

    • Wa’alaikum salam wr wb, Bunda Lusi. Menurut saya, nggak ada salahnya dicek lagi ke dokter. Apalagi jika masih ada benjolnya setelah sekian lama. Mungkin juga tidak ada apa-apa, tapi supaya lebih yakin aja. :) Semoga Bening sehat selalu.

  6. Nanya donk bund…anak saya skrng umurnya 7,5 bulan…dr umur 6 bulan dy dh pernah jatuh dr tmpat tidur..trz suka jatuch juga kena bagian belakng…tp g merah bund..pdhl benturannya knceng juga…trz itu gmn ya bund…saya jd khawatir…:(

    • Bunda Feby, setelah jatuh kondisi anaknya gimana? Ada muntah atau tidak? Hilang kesadaran atau tidak? Kejang atau tidak? Buta sementara atau tidak? Ada benjol disertai memar kebiruan krn pecahnya pembuluh darah bwh kulit (hematom) atau tidak? Sering sakit kepala berulang atau tidak?

      Jika salah satu jawaban pertanyaan-pertanyaan di atas adalah YA, saran saya, cek saja ke dokter untuk memastikan ya, Bun. Tapi semoga semua jawabannya tidak ya :). Aamiin.

  7. Bun mau tanya
    Anak saya 10 bulan jatuh daro meja 1,5m
    Ada benjolan dan sdikit berdarah bun
    Apa yg harus saya lakukan bun saya panik :'(

    • Tenang, Bunda, jangan panik. Semoga sudah tidak apa-apa ya, anaknya (maaf baru buka blog lagi). Saran saya, dibawa ke dokter untuk dipastikan keadaannya dan besok-besok diusahakan untuk dihindari agar tidak jatuh lagi.

  8. Maaf bun baru td sore kejadia anakku usia 14 bulan jatuh duduk dikursi bakso langsung benjol dikepala bagian samping pas diatas telinga setelah jatuh nangis histeris terus langsung muntah setelah beberapa saat berhenti nangisnya dan muntah cuma sekali pas nangis akhirnya sampe rumah aku kompres pake air hangat.anaknya sih tdk rewel bun masih aktif seperti biasa minum susupun normal tapi aku kwatir terjadi sesuatu kebetulan kejadiannya sore hari libur saya bawa kedokter anak kebetulan gak lagi prktek mungkin nunggu 2 hari.kira2 apa resiko yg akan terjadi dgn benjolan dikepalanya ini bun.terima kasih.

    • Pak Stephanus, duh, maaf, saya kelewat reply komen Bapak. Semoga tidak kenapa-kenapa ya. Sebaiknya memang langsung dicek ke dokter saja kalau ada muntah.

    • Maaf Pak Stephanus, aku mau nanya selanjutnya bgmn kondisi anak bapak? Soalnya keponakan saya baru saja dahinya terbentur lantai (kencang) lalu nangis kencang dan muntah saat itu jg tp ketika menangis daya tanggapnya masih sprti biasa. Mohon jwbannya ya pak :)

    • Mbak Tari, agar lebih yakin akan kondisi keponakannya, saran saya diskusikan dengan dokter spesialis anak yang biasa menangani.

  9. Comment
    dok 4 hr yg lalu anak saya 2,8 th jatuh terpeleset dilantai keramik keras stl itu saat nangis muntah2 (hanya saat kejadian) saat mau tidur hidung seperti pilek tiap bersin keluar ingus ( 1 hari), esuknya suka pusing hanya 1 hari. tp anaknya aktif. apa yg hrs sy lakukan?

    • Maaf kak ade, aku mau nanya selanjutnya bgmn kondisi anak kakak? Soalnya keponakan saya baru saja dahinya terbentur lantai (kencang) lalu nangis kencang dan muntah saat itu jg tp ketika menangis daya tanggapnya masih sprti biasa. Mohon jwbannya ya kak :)

    • Diskusikan dengan dokter spesialis anak yang biasa menangani, ya. Agar yakin bahwa keponakannya baik-baik saja.

  10. Bun mw tanya donk? Anak aku umur 1thh 3 bln smnjak dy bkjr berangkk sm0ei berjln sering kebentr kepalanya, bgin blkg smping dpnkepala. Apa akiabtnya skrg dn nntinya?a

    • Semoga tidak ada efeknya ya, Bun, jika tidak ada gejala seperti yang tertulis di postingan saya di atas. Tapi usahakan diawasi lebih ketat lagi, supaya tidak sering jatuh lagi.

  11. Bun mau tny nich..ank sy umur 4 bln jtuh dr ksur.wktu jtuh lgsg nngis dan munth2 tp stelh tu diam dan lgsg minum ASI trs tidur.ada gejla munth2ny bun apa prlu dibwa kedokter bun?tp hbis tu de2k berktivits sprti biasa g da tnda2 yg mngkhwtirkn

  12. Anak saya berumur 6 tahun,jatuh dr sepeda dan kepala bagian belakang sebelah kiri terbentur,trus dia mengeluh telinga sebelah kiri tdk bs dengar,kepala pusing (hingga muntah 2x) ,dan hidung sebelah kiri keluar darah,skrng sdh 2 minggu masih d cek oleh spesialis tht,dan sekarang memang telinganya sdh bs mendengar walaupun msh sedikit – sedikit,yg saya kawatirkan kenapa kok bekas benturan d kepala masih empuk smpe skrng ya,pdhl udh sy olesi dengan gel untuk mengilangkan memar

    • Bunda Puji, apakah sudah dilaporkan ke dokter spesialis anaknya mengenai benjolan yang masih empuk itu? Jika belum, saran saya diskusikan ya, Bun. Supaya kalau tidak kenapa-napa, Bunda bisa tenang. Atau jika ada yang perlu ditindaklanjuti, bisa cepat penanganannya. Semoga sudah sehat kembali anaknya ya…

  13. Ass.bun
    Saya mau tanya.anak saya 9bulan.jatuh dari tangga qra2 3meteran x ya.tidak ad gjala spt di atas.muntah or kejang.dll.
    Tp di kpala bgian belakang benjol.qr2 gmna ya

    • Wass. 3 meter lumayan juga ya? Dipantau aja terus ya, bun. Tapi kalau saya, saya akan lebih tenang kalau sudah dibawa ke dokter, minimal dicek tidak ada masalah serius.

  14. Assalamu’alaikum wr.wb bun anak saya umur 1th tadi sore jatuh dan kepalanya kebentur bagian pinggir kanan dkt kuping, ga benjol ga merah tapi sekarang lngsung panas badannya juga kyaknya demam gitu gimana ya?

  15. Jdi agk legaan bun dgrny,,ank sya sering bnget jatuh n trbentur karena lg aktf2ny,,klu d igt dia jatuhny sya sering mersa berslh n kdg nangis, sya merasa kurang perhatian sm ank sya,,semua mmg slh sya n kurang lbh waspada lgi..tp insya Allah in tdk akn terulang lgi,,ank adlh segalany bgi sya..smga kta bunsay jdi super mom yg hebat..

  16. wah sm bgt 1 bln lalu anak sy benjol segede telur ayam kampung di dahinya dan smpe sekarang msh ada lengkungan di dahinya :( sy mau bw ke dsa lg.. 2 minggu lalu ke dsa ktnya gpp biasanya 1 bln hilang.. Tp skrg sdh 1 bln blm hilang jg :(

    • hana skrg 11 tahun, masih ada sisa lengkungan juga, bun, tapi so far tidak ada efek buruk di perkembangannya, tapi nanti kalau ke dsa n tanya, kabari saya hasilnya ya, penasaran juga :) thx b4

  17. Bun.. baby sy umur 1 tahun..jatuh n pelipis kanan diatas alis matanya ada bekas penyoknya. Kira2 bisa ilang gak bun? Mohon info bun..harus ke dokter anak atau dokter spesialis apa bun buat ngilangin bekas penyoknya?

    • Kalau dari pengalaman anak saya, Hana, penyoknya masih ada sampai sekarang, Bun. Tapi ada baiknya saat imunisasi ke dokter spesialis anak nanti (kan umur 1 tahunan masih imunisasi yang booster, tuh), ditanyain aja ya. Biar tenang dan jelas :).

  18. bekas penyoknya ga bisa hilang ya?
    aku juga, sama kayak anak mba. jidatku penyok, dulu pas masih kecil lari-lari terus kepeleset, nyium tanah air. sedih banget :( pengen jidat bisa normal kayak dulu lagi heheh :’)
    kira-kira ada ga ya cara nyembuhinnya? hehehe

    • Wah, nggak pernah nanya juga siy akan bisa balik lagi atau gak penyoknya itu. Tapi kalo anakku ditutupin pakai poni atau anak rambut gitu. :) Kalo sdh tahu cara balikinnya, kabarin ya… :)

  19. wah anak saya kemaren aja 2 kali jatuh mbak. kepala belakang nya lagi kebentur lantai. tapi ga muntah. biasa aja. tapi jujur saya khawatir sekali.

    pengen di bawa ke dokter buat periksa

    • Duh kasian si dedeknya. Sambil diobservasi aja, Bun. Diperhatikan tanda-tanda lain selain muntahnya. Dan usahakan banget supaya nggak jatuh lagi atau minimal nggak sering-sering jatuh. Semoga baik2 aja ya.

  20. Ass,,maaf mau tanya bund maksudnya keluar cairan bening di daerah hidung atau telinga apakah sama dengan cairan flu karena sebelum anak ku jatuh tadi sudah flu.sekian tks

  21. Bun, aq mau tnya anak q bru berumur 1thn 1bln, jatuh terbentur trus hbis jatuh skitar 5mnit ank q muntah ,.memang sih sblm ank q jatuh ank q habis makan ,…tuh kira” bhya gk bun, q khawatir

    Tlong bntu share nya iya bun

  22. bun,anakku barusan jatuh dari tangga jidat sbelah kanan benjol kyaknya sobek keluar darah,, Apa perlu ke tukang urut y bun buat mastiin keseleo atau tidak kalo udah kedokter,,

    • Tapi sudah sempat ke dokter ya, Bun? Kalo dokter bilang tidak apa-apa, mungkin tidak perlu. Dipantau dulu aja ada anget atau gak, karena biasanya kalo ada keseleo atau apa, suka anget kan ya? Tapi kalopun mau ke tukang urut, dicari yang berpengalaman banget ya.

  23. Bun ank q usia 8 bln, mlm ini udah y k 2 kalinya jatuh dari kasur, tingginya 30cm. Tadi pas jatuh nangis trus q kasih asi skrng alhamdulillah lelap tdurnya, saya cek kepalanya ga ada y merah atau biru, apa perlu saya cek k DSA bun? Mohon sarannya bun

    • Kalo sekiranya saat dipantau kelihatan anak rewel atau anget, saran saya ke DSA aja untuk mastiin. Semoga gapapa ya.

  24. bu,anak ku 2 minggu lagi menginjak 4 bulan…dy jatuh dr ranjang tempat tidur yg tinggi,udh diurut dan dikasih trombhopop…tp masih penyok palanya,terlihat besar…
    bisa balik seperti semula ga bun?

    • Nah, kalo balik atau enggaknya, gak ngerti juga, Bun. Mungkin bisa didiskusikan dengan DSA langganan saat imunisasi nanti. Kalau anak saya sampai sekarang masih ada sisa penyok itu walau sedikit.

    • mb saya punya ank usia 1 thun brusan jatuh dari ayunan tpi ketinggianx cm 5 jengkal dr lantai cm saja kejatuhan besi ayunannya tiba2 hudung sebelah kanan keluar darah kental tapi gkbterlalu banyak sih bund setelah dikasih susu anaknya ridur pules kira2 gimanaya bund soalnya panik takut kenapa2

    • Mungkin hidungnya terbentur, Bun? Saran saya, tetap konsultasi ke dokter ya, Bun. Agar pasti kenapanya dan kita sebagai orang tua tidak panik. Semoga anaknya tidak apa-apa ya. Aamiin.

  25. Hai bun, mau sharing ni anak sya 14 bln kebtln cwok nd super duper aktif bngt g bs anteng…nah kmrn mlm dia jth dr tmpt tdr, pdhl dr sisi kiri kanan ada sya nd suami tp g th knp dia posisi bs melintang alhasil jth nd sempet nangis kenceng, sya cek g da memar or benjolan lebam akhrnya sya nenenin nd dia tertdr kmbli. Ada efek negatif g dr jthnya anak sya. Trm ksh

    • Untuk ada atau nggak efeknya, saya gak paham, Bunda. Enaknya, diskusikan dengan DSA langganan, ya. :) Supaya nggak panik dan menerka-nerka atau khawatir padahal tdk kenapa2. Semoga sehat selalu ya anaknya.

  26. Bun anak sya trbentur tembok umurny bru 4 bln saat saya gendong llu dy mnangis kejer,sya tkut anak sya knp2. Tp dy tdk trluka,sya cuma hwatir ad efekny. Tp dy g trluka sma s’x

  27. Sama nh bun..anak aku jg masih ad lengkungan d jidatnya…mana cewe lg,,aktif bgt,,selain ad lengkungan d jidat,ad juga codet di pipi,hixxx..pdhl jatohnya dh setahun lbh :(

  28. Halo Bunda..

    Anak saya umur 1thn 1minggu jatuh dr tempat tidur 70cm jidatnya benjol sebesar telur dan memar, hingga skrg uda 2minggu jidatnya jg masih penyok bun..

    Saya baca postingan bunda, penyok jidatnya hana masih sampe skrg ya.. tp ada perubahan ukuran gak bun dari awal smp skrg, apa penyoknya mengecil/tinggal sedikit atau tetap sama?

    Terimakasih bunda sebelumnya..

  29. Bun anak saya laki-laki .. super aktif dari bayi sampai sekarang umurnya 16 bulan .. anakku udah sering bgt jatuh dr kasur yg tingginya 30 cm .. jatuh dari bangku sekitar 20 cm .. dikepala bagian kiri benjol sampe biru .. tp anaknya hbis jatoh ttp aja aktip ..
    Saya khawatr soalnya dibagian kepala belakang sepertinya besar .. apa yg harus saya lakukan dok mohon bantuannya

    • Bunda Nurul, jika sedang imunisasi atau konsul ke dokter, segera saja ditanyakan ya? Sambil diingat-ingat riwayat jatuhnya kapan, posisi bagaimana, di usia berapa. Supaya nanti dokter bisa mendiagnosa dengan benar. Insya Allah gak ada apa-apa ya, Bun. Aamiin ya Rob.

  30. kalo misalkan jatuh kejeledak bgtu bisa jadi geger otak ga ya mba sih kecil juga abis kejeledak nangis muntah saya mikirnya sih muntah karna emang dia saban nangis muntah sih tapi bisa ga ya mba sampe geger otak?

    • Bunda Riska, apakah sudah diperiksakan ke dokter anaknya? Semoga anaknya Bunda baik-baik saja ya. Maaf saya bukan dokter, jadi juga tidak paham mengenai gegar otak itu mendetilnya seperti apa.

    • Sama-sama, Bunda. Dipantau saja terus sambil dicocokkan dengan paparan di atas. Jika ada yang mengkhawatirkan segera bawa ke dokter ya. Semoga anaknya baik-baik saja ya.

  31. Dok mau nnya anak saya jatuh dari motor tapi saat berhenti di aspal trlentak luka dan bengkak pake apa biar gak mendingan dok mohon infonya

    • Bunda, maaf, saya bukan dokter. Saran saya, segera dibawa ke dokter spesialis anak saja, agar jelas treatment apa yang diperlukan. Semoga anaknya baik-baik saja ya.

  32. Putri saya yang baru berusia 9 bulan baru saja mengalami pembengkakan akibat bagian atas hidung terbentur tepian tembok. Kala itu sang putri kesayangan digendong oleh salah satu anggota keluarga dan hendak dielus-elus bagian kepalanya. Namun si kecil yang sangat aktif tersebut menolak dan bergerak-gerak. Akibatnya tanpa sengaja bagian depan atas hidung mengalami pembengkakan karena terbentur bagian tepian tembok.

    Sebagai seorang ayah saya sangat sedih melihat benjolan biru diatas hidung. Saya berharap si kecil tak mengalami gangguan fungsi otak akibat kejadian tersebut. Seusai kejadian ini, saya pun akan selalu mengecek kondisi si kecil hingga tiga hari mendatang. Apabila ada hal yang mengkhawatirkan akan saya bawa ke RS Anak di kota terdekat.

    Terima kasih atas infonya karena apa yang anda tulis telah mengurangi rasa khawatir dan kepanikan saya yang berlebihan.

    Arick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *