Anak sakit, Bunda bingung

anak tidur

Sejak minggu lalu, sehari setelah jalan-jalan ke kantor dan perpus, Hana kurang sehat. Tanggal 31 Desember lalu, dia diare, sampai enam kali, dan badannya panas, sampai 39, 3. Alhamdulillah, sehari setelahnya, panas turun, diare pun langsung berhenti. Meski begitu, kami cek juga ke dokter, untuk memastikan dia baik-baik saja.

Sampai hari Jum’at, sepertinya dia sudah sembuh. Tapi, Sabtu, dia mengeluhkan perutnya yang sakit sampai berkali-kali.

Kami ajak–maaf–pup, tapi dia nggak mau. Bahkan seharian, dia nggak pup sama sekali.

Senin sudah mau pup, tapi masih sakit perut. Akhirnya, kami bawa ke dokter lagi. Ada 3 diagnosa yang disampaikan dokter:

  1. Ada masalah dengan usus 12 jari-nya.
  2. Kurang kalsium yang kemudian dapat menyebabkan kejang otot–ini aku masih belum mengerti, masih mau cari literatur lagi.
  3. Otot perutnya kejang akibat batuk–semenjak Senin pagi, Hana memang batuk-pilek.

Sampai sekarang, dia masih mengeluhkan perutnya yang sakit.

Anehnya, sakitnya itu sebentar. Setelah diusap-usap dengan minyak telon–ini permintaan Hana–, rasa sakit hilang dan Hana bisa main seperti biasa.

Ada yang punya pengalaman sama? Boleh di-share tak?

anak bobo

Kalau anak sakit, rasanya bingung banget. Di kantor juga pikiran ke rumah. Sebentar-sebentar telepon cuma buat cek. Padahal sih tingkah anak satu ini ya nggak banyak berubah. Tetap cerewet dan ceria. Tapi kan bingung juga kalau diselingi sakit perut nggak jelas.

Selama sakit ini sih aku selalu cek ke milis sehat. Gak pake nanya-nanya lagi, cukup gunakan fitur search dengan kata kunci tertentu. Taraaa…keluar deh semua pertanyaan dan jawaban yang berhubungan dengan kata kunci.

Mudah-mudahan Hana gak ngerasa sakit perut lagi, karena kalau iya, aku mau konsul ke dokter anak yang spesialisasinya internis. Hm…ada gak ya?

Atau ada yang punya saran? Thanks ya…

Mari Berbagi
(Visited 794 times, 1 visits today)
13 comments on “Anak sakit, Bunda bingung
  1. Aslm…bunda

    aku c emang blm menikah dan belom punya anak tentu saja…Nah terus ngapain ikutan comment disini??
    Aku punya adik yang saat ini masih berusia 4 tahun. Pengalaman sakit seputar organ pencernaan sudah terjadi pada adikku saat ia berusia 10 bulan. Sampai kmi harus merelakan dia dirawat inap di RS waktu itu.

    Karena ternyata masalahnya cukup akut. Ususnya luka. Makanya dokter bilang ia mengalami gangguan pencernaan. Aneh memang…karena dia blom makan macem-macem dan hanya mengkonsumsi susu formula (kalengan) dan makanan bayi.

    Yang jelas pada saat itu, kondisinya sudah sangat parah. Ia mogok makan. Suhu badannya mencapai 40 derajat celcius. Wuiiih bisa dibayangkan betapa paniknya aku dan umi. alhamdulillah, setalah mendapat perawatan dokter dan obat untuk pencernaannya, kondisinya membaik.

    Walaupun adikku itu jadi sangat sensitive hingga sekarang. Kalo salah sedikit makan pasti dia muntah2, atau diare. Kejadian ini sering terjadi kalo dia makan mie instan. So, sebisa mungkin kita kasih jeda waktu minimal 3 hari, baru kemudian dia boleh makan mie instan lagi.

    Setelah gencar isu tentang bakteri jelek dalam susu formula beberapa waktu lalu, saya jadi teringat pada kejadian di usia 10 bulan adikku itu. Jangan-jangan akibat susu yang ia minum sedari lahir (karena memang adikku tidak minum ASI sama sekali).

    Saran ku c..hana bisa juga diajak konsul ke dokter anak Sp internis. Setahu aku yang ada spesifikasi seperti itu di RS Pondok Indah. Coba dibawa kesana aja bunda. Sapa tahu jadi dapet pencerahan dah ketemu deh penyebab penyakit hana sebenenya…

    Sabar ya..tetep tenang…
    Moga Hana lekas sembuh…Amien

  2. thanks sudah mampir keblogku….semoga Hana lekas sembuh. Apa mungkin karena makanan yang dimakan,tidak higinis or terlalu higinis?(makanan yang dimakan dalam proses tumbuhnya tidak natural) semoga segera dapat solusinnya..

  3. Wah, kok error.

    Masih sakitkah Hana ? Moga dah sembuh ya..
    Ada temen sempet sakit dispepsia, susah pup tp eprutnya ebrasa tegang/kaku. Mungkinkah sama ?

  4. @ Tante Fendricca: terima kasih sudah berbagi cerita, mbak…alhamdulillah, ternyata ada ya dokter anak sp. internis. sip, aku akan coba bawa ke sana…

    @ Oom Padiemas: terima kasih atas do’anya :) amin

    @ Oom Julian: kami belum pasti apa penyebabnya…trims atas do’anya…amin

    @ Tante Diana: Trims atas info dan do’anya, mbak, amin…coba nanti saya cari tahu lagi :)

  5. Mudah2 an gak papa yah Nad..
    Coba ke Prof Agus di Hermina Bekasi deh
    Setau gue Ahli pencernaan anak di Jakarta cuma 2 yah…satu Prof Agus, dan satu lagi guru nya Prof Agus ini…tapi dah tua banget…(cmiiw)
    diagnosis nya biasanya bener dan gk pernah ngasih obat macem2 kalo emg gak perlu

  6. @ Tante Dede: Prof Agus tea ngantri banget, Jeng…hmmm mungkin mo coba dr. Hegar…asistennya gurunya Prof Agus juga katanya…

    @ Oom Mike: makasih, Oom…

  7. Pingback: Ke Dokter | Tingkah Anak

  8. Mba..salam kenal
    barusan mampir liat tulisan mba disini…
    gejalanya sama persis kayak anakku…
    tapi sampai saat ini aku belum tau apa yg terjadi di perut anakku.
    waktu itu pernah pergi ke porf Agus di hermina bekasi, tapi beliau bilang baik2 saja, dan hanya menyarankan untuk minum air putih yg banya dan makan sayur lebih banyak.
    Sampai sekarang anakku masih suka mengeluh sakit pada perutnya dan minta dioleskan minyak telon setiap kali dia merasa sakit…:((
    sedih banget..
    barusan juga telp ke Rs,Pondok Indah untuk tanya dokter internist anak tapi belum ada, mungkin ada yang punya contact dokter ahli pencernaan yg lainnya ….?

    Terima kasih..

  9. Mbak Pertiwi, tapi diarenya dah sembuh ya? Belum lama ini Hana mengeluh sakit perut lagi. Terus, diperiksa ke dokter langganan kami yang baru. Dokter mencurigai Hana terkena infeksi saluran kencing. Setelah cek urin, benar saja. Dikasih antibiotik selama beberapa hari (kali ini nyerah sama antibiotik karena memang benar2 diperlukan untuk menghalau infeksinya), alhamdulillah sekarang nggak ngeluh sakit perut lagi. Get well soon untuk anaknya Mbak.

    • Mau tanyaa dg Bun…Itu dokter yg ngmg infeksi saluran kencing d dokter mana y?Anak saya juga suka sakit perut gt soalnyaa…Thanks…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *