Beda Usia Anak Pertama dan Kedua

Sebenarnya, tidak ada rumusan mengenai perbedaan usia anak pertama dan kedua (atau kedua dan ketiga, atau ketiga dan keempat, dst.). Tapi sepertinya perbedaan usia tiga sampai empat tahun dianggap sebagai yang ideal.

Bunda sendiri sebenarnya mengalami hal itu dengan adik Bunda. Perbedaan usia kami adalah tiga setengah tahun. Dari sisi kami berdua, yang asyik adalah kami masih bisa nyambung dan main bareng. Bahkan sampai sekarang, ia masih menjadi sahabat terbaik Bunda. He knows almost everything about me.

Lalu, bagaimana jika dilihat dari sisi orang tua? Kita coba bahas satu per satu aja ya.

  • Beda satu hingga dua tahun: Yang seperti ini biasanya anak pertama disebut kesundulan. Hehe. Maksudnya, sudah keburu ada adiknya lagi. Untuk perbedaan usia yang sempit ini, sisi positifnya adalah orang tua repot sekalian. Gimana nggak repot? Dua batita dalam satu waktu itu WOW banget! Satu aja kadang empot-empotan. Apalagi bareng! Tapi, setelah itu, masa santainya datang lebih cepat.
  • Beda tiga hingga empat tahun: Ini agak lumayan. Orang tua sudah bisa ‘bernapas’ sedikit karena anak pertama sudah bisa mandiri. Misalnya sudah bisa makan atau pipis sendiri. Jadi, bisa fokus mengurus anak kedua.
  • Beda lima hingga sepuluh tahun: Ada yang bilang, perbedaan lima tahun (apalagi sepuluh!) itu terlalu lama. Iya juga sih. Karena sebelumnya sudah santai dengan anak pertama, lalu harus kembali mengurus bayi. Kagok, euy! Tapi, enaknya si kakak biasanya sudah bisa dimintai tolong menjaga adik (mungkin ini untuk yang bedanya mulai dari tujuh tahun). Mereka pun bisa terlibat dalam proses merawat si adik.
  • Bagaimana dengan yang bedanya lebih dari sepuluh tahun? Sejauh pengamatan Bunda, tidak jauh beda dengan yang bedanya antara lima hingga sepuluh tahun. Tapi memang porsi bantuan merawat atau menjaga adik jadi lebih besar karena mereka sudah lebih bisa bertanggung jawab.

Perbedaan usia antara Hana dan Muhammad adalah delapan tahun. Tadinya sih pinginnya maksimal lima tahun saja. Tapi karena satu dan lain hal, terpaksa deh delapan tahun bedanya.

Sejauh ini, Hana terlihat sangat menyayangi adiknya. Kadang ikut membantu menjaga dan mengajak main. Jealous, nggak? Hm. Enggak kayaknya sih.

Hana hanya pernah berkata, “Bun, aku kan juga masih butuh ditemenin Bunda.”

Dia bilang begitu karena Bunda sibuk mengurus adik dan tidak punya waktu buat dia. Bunda langsung tersadar. Hana, meski badannya gede, juga masih anak-anak banget. Dia masih butuh diajak main sama bundanya, masih butuh perhatian. :)

Sekarang, sebisa mungkin, Bunda selalu menyiapkan waktu khusus buat Hana.

Oh ya, pembahasan tentang beda usia di atas hanya berdasarkan pengamatan Bunda nih. Kalau ada yang punya pengalaman berbeda, sharing yuk. 😉

Mari Berbagi
(Visited 960 times, 1 visits today)
, ,
8 comments on “Beda Usia Anak Pertama dan Kedua
  1. kalo kakak saya anak pertama dan keduanya berjarak dua tahun.
    abis itu dia bisa kipas2 santai,,,,,
    trus anak ketiganya lahir tujuh tahun kemudian, katanya sih seru banyak yang bantuin ngajak maen
    ^_^

  2. @ Bunda Siti: Hihi iya. lumayan jd bisa istirahat ya :)

    @ Lidya: Nah iya, dulu aku juga gitu, makanya 3.5 tahun, biasanya jatohnya, beda sekolahnya 4 tahun :). Tapi…malah jd 8 tahun. Wkwkwkw… *lgsg ngitung, ada barengan apa gak*

    @ Chi: Kalo bedanya gak jauh emang serunya di situ ya, bisa main bareng, tar dah gedean dikit curhat bareng :)

  3. aku sama adikku bedanya 15 tahun mbak
    bukan karena kecolongan
    tapi memang dinanti2 dan Allah baru memberi setelah 15 tahun
    pertama punya adik, jujur aku jealous
    padahal aku udah kelas 1 SMU wakz
    secara 15 tahun jadi anak tunggal ya
    tapi begitu aku dilibatkan mengurus adik, jealousnya ilang
    sampai sekarang aku masih suka rebutan tivi sama dia *mbaknya gak mau ngalah 😀
    punya adik beda jauh banget banyak untungnya
    SMU aku dah terampil ngerawat bayi
    waktu pertama punya anak juga gak kagok
    langsung bisa gendong dan perawatan bayi lainnya

  4. Wah ternyata ada hikmahnya ya. Iya sih, Hana juga jadi pinter gendong Muhammad walau kami agak serem juga. Hihi. TFS, Ayik.

  5. lo saya.anak pertama kembar.trus usia 2tahun lahir dedekny.emang sih pas lgi hamil kakak ny selalu gantian minta perhatian ma ibuny.bener bener extra dech.tapi setelah dedekny lahir mereka sayang bnget sama dedekny.tanpa dikasih tau mereka ngk pernah ganggu kalo ibuny lgi gendong dedek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *