Demam akibat Virus 5 Hari?

demam virusSeminggu kemarin adalah seminggu yang sangat deg-degan buat Bunda. Muhammad demam tinggi akibat infeksi virus, sampai 39.7 C, itu pun karena dia tarik termometernya, entah kalo nggak ditarik, jangan-jangan lebih. :(

Padahal, Alhamdulillah, selama setahunan belakangan ini, Muhammad jarang sakit. Kalau dilihat di bukunya, terakhir ke dokter karena sakit itu tanggal 7 Mei 2014, karena muntah-muntah. Dan, selama ini, kalau hanya batpil atau demam suhu rendah (biasanya karena tumbuh gigi), kami tidak bawa ke dokter. Home treatment saja.

Karenanya, saat kemarin itu demam tinggi sejak hari Minggu 5 April 2015, kami langsung ke dokter. Bunda tekankan ke Abi, ini bukan demam seperti biasa meskipun jika sedang reda, Muhammad masih lincah seperti biasa.

Kami punya 3 dokter langganan di RS Hermina Jatinegara, Dr. Mulyadi (salah seorang konsultan jantung Muhammad), dr. Herbowo, dan dr. Ali Alhaddar. Kebetulan hari Senin yang paling cepat adalah dr. Herbowo, jam 5. Kami datang lebih awal dan dapat nomor urut 6 dan pas Maghrib pun kelar.

Diagnosa dr. Herbowo adalah infeksi virus. Dan kami dibekali form tes darah jika lebih dari 72 jam masih demam.

Dan, hiks, sampai Rabu siang, masih demam. Bunda sampai nangis-nangis khawatir. Apalagi subuhnya, kepala Muhammad panas, tapi kaki dan tangan dingin. Akhirnya whatsapp ke dr. Herbowo, akhirnya langsung diminta tes darah. Pas banget ternyata, dr. Herbowo sakit. Tapi Alhamdulillah, dr. Ali praktek.

anak demam

lagi demam serius nonton upin-ipin di rumkit

Setelah tes darah, hasilnya kami bawa ke dr. Ali. Dan ternyata tidak ada yang mengkhawatirkan dari hasil tes darahnya. Kata dr. Ali, dua hari lagi juga reda demamnya. Banyak berdoa aja. Asli deh, nenangin banget, dr. Ali. :)

Ternyata benar, Jumat sore, demam Muhammad reda. Alhamdulillah. Tapi ya, khawatir dan waspada tetap ada, takut naik lagi. Tapi Alhamdulillah, enggak. Berkat doa teman dan keluarga di FB, Twitter, BB, WA…makasih ya :).

Jumat itu pas juga kakak ipar BBM tanya kondisi Muhammad. Pas diceritain, kata ibu dengan 3 anak laki-laki usia kuliah dan SMP ini, itu virus 5 hari. Anaknya pernah mengalami. Bahkan ada juga virus 8 hari. Hiya, untung aja nggak 8 hari. Dan memang setelah 5 atau 8 hari itu, demam akan reda sendiri. Begitu pengalaman pribadi kakak iparku.

Sebenarnya, kalau Muhammad tidak ada riwayat PJB (Penyakit Jantung Bawaan), Bunda mungkin — mungkin ya, nggak tau juga sih :p — nggak sepanik itu. Bukan apa-apa, takut ada infeksi bakteri atau apa. Soalnya, waktu bayi dulu, jika Muhammad demam lebih dari 3 hari, langsung diberi antibiotik.

Barusan Bunda sempat googling, cari info tentang demam 5 atau 8 hari ini. Nggak nemu. Tapi ada postingan blog seorang dokter, dr. Nasir namanya, yang membahas pola demam beragam penyakit. Bagus, nih, untuk menambah ilmu. Langsung di-klik dan baca di sana ya.

Tapi, memang sih, yang paling penting itu, saat anak sakit, ya tenang. Tapi, mana bisa?! Apalagi ibu-ibu, ya? Si Abi saking sebelnya dengan kepanikan Bunda, hampir saja bilang ke dr. Ali, mau minta obat penenang untuk Bunda, huh! Untung nggak sampe minta beneran, Bi! 😛

sumber clipart: clipartzebraz.com

 

Mari Berbagi
(Visited 2,972 times, 2 visits today)
, ,
6 comments on “Demam akibat Virus 5 Hari?
    • Iya, say, waktu jaman Hana dulu, panik tapi masih bisa browsing cari tahu, terutama di milis sehat. Nah pas Muhammad ini, otak sampe buntu. Gak bisa mikir, cuma bisa nangis. Tapi iya, Alhamdulillah sudah sehat lagi. :) Makasih ya.

    • Iya, Dok, Alhamdulillah sudah tenang karena sudah sembuh. Semoga Dokter sekeluarga juga selalu sehat. Aamiin. Sama-sama, terima kasih juga atas kunjungan balasannya, Dok. Bermanfaat banget. Saya bookmark postingannya. :) Keep helping n inspiring ya, Dok. :)

  1. iya bundaa.. itu saya banget.. panik se panik paniknya kalo anak sakit :(
    mg semua diberi kesehataan.. pjg umur suxes dunia akhirat amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *