Jangan Termanipulasi

Air mata, wajah polos, wajah sedih, memelas…ah, itu kan yang membuat kita merasa nggak tega sama anak?

Oh, anakku so sweet, so tak berdaya…kasihan…

anak-polos

Eits. Tunggu dulu!

Jangan kasihan dulu. Perhatikan baik-baik. Take a closer look.

Yang paling tahu anak adalah orang tuanya — terutama ibu. Jadi, sesungguhnya, kita akan tahu apakah anak sedang bermain peran alias akting atau memang betulan nangis karena sedih dan menyesal.

Kenapa sih keukeuh nggak boleh kasihan sama anak sendiri?

Ini berpengaruh kepada perkembangan perilakunya. Karena, sesungguhnya anak itu pintaaaar sekali, cerdik, sehingga terkadang, mereka dapat memanipulasi kita, para ortu berhati mulia ini.

Wedeh, kesannya anak itu jahat dan licik ya? Nggak gitu juga sih. They’re simply very smart.

Mereka tahu betul bagaimana kita, orang tua dan orang sekelilingnya dalam menghadapi tingkah laku mereka. Mereka sudah mengobservasi kita semenjak mereka lahir. Mereka tahu siapa yang akan langsung luluh jika mereka memasang tampang innocent nan melas. Mereka tahu bagaimana cara lolos dari time out — kebetulan baru mengalami sendiri kemarin ;).

Jadi, bagaimana cara supaya kita tidak termanipulasi?

Gampang. Be consistent. Jangan berubah-ubah. Kalau nggak boleh ya nggak boleh. Jangan hari ini nggak boleh, terus besoknya boleh. Semua harus ada patokan yang jelas dan masuk akal — ini kalau nggak mau didebat oleh mereka loh ya.

Sampaikan ini kepada orang-orang di sekitar yang juga turut mengasuh si anak. Jangan sampai saat kita konsisten, orang-orang di sekeliling tidak konsisten dan si anak meminta ‘bantuan’ kepada mereka — tentu dengan wajah manis, polos, melas mereka nan manipulatif.

😉

Mari Berbagi
(Visited 24 times, 1 visits today)
, ,
3 comments on “Jangan Termanipulasi
  1. hehe, embur bun. memang pintar manipulasi. susahnya terkadang mau konsisten, kita sering malas buat ribut2 sama anaknya. belum lg masalah sama ortu/mertua yg sering kali lbh permissive daripada kita.
    salam kenal bun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *