Maaf, Bunda…

Dalam seminggu ini, sudah dua kali Bunda mendengar ucapan, “Maaf, Bunda,” dari Kakak Hana. Sedih deh setiap kali mendengarnya.

Pertama kali saat Bunda mengantar Kakak Hana ke dokter. Antrian panjang nian. Kami mendapat nomor 18. Setelah menunggu dari jam 5 sore, kami pun masuk beberapa menit sebelum jam 8 malam. Nah, selama menunggu, Bunda gelisah karena meninggalkan Muhammad di rumah berdua saja dengan Abi.

Hana memandang Bunda sedih, “Maaf, Bunda, gara-gara anter aku ke dokter, Bunda ninggalin Adek di rumah.”

Duh…Kakak Hana, demi kesehatan kamu, apapun Bunda lakukan. Lagipula, Adek kan dijaga Abi, Bunda saja yang parno. Padahal Abi menjaga Adek dengan baik. :)

Yang kedua, barusan ini. Karena batuk hebat, Hana muntah. Memang, hampir setiap kali batuk, ada saatnya Hana akhirnya memuntahkan dahak dan lain-lainnya (maaf yang lagi baca sambil makan ya). Tapi, insya Allah, setelah itu biasanya membaik.

Saat Bunda membersihkan kamarnya tadi, Hana berlinang air mata dan bilang, “Maaf, Bunda, Hana jadi ngerepotin Bunda.”

Terenyuh hati Bunda. Hana, itu kewajiban Bunda sebagai ibu Hana. Lagipula, Bunda malah seneng Hana muntah, jadi Hana lega. Tuh, buktinya, sekarang Hana lagi bobo nyenyak dan nggak batuk. :)

Mungkin Hana bilang begitu karena kadang Bunda mengomel saat kamar Hana berantakan, saat Hana tidak meletakkan barang kembali di tempatnya, dan Bunda minta Hana jangan menambahkan kerepotan Bunda, ya?

Yang Bunda lakukan dua kali ini untuk Hana adalah kewajiban Bunda, karena Hana belum sanggup melakukannya sendiri. Nah, kalau yang Bunda mengomel itu adalah hal-hal yang Hana bisa lakukan sendiri. Jadi, berbeda lho. Tapi, ada kesamaannya juga. Semua itu karena Bunda sayang Hana. Saat Hana sakit, Bunda ingin merawat Hana sebaik mungkin, dan saat Hana tidak melakukan hal yang semestinya, Bunda mengingatkan Hana karena ingin Hana menjadi anak mandiri yang bertanggung jawab. :)



Mari Berbagi
(Visited 22 times, 1 visits today)
, , , ,
3 comments on “Maaf, Bunda…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *