Manfaat Anak Bermain Catur

Saat Bunda masih anak-anak dulu, Bunda senang bermain catur bersama adik Bunda yang kedua. Walaupun kadang adik Bunda suka bikin aturan sendiri, seperti misalnya kuda jalannya nggak L atau pion boleh maju tiga langkah. Tapi, it was fun!

Kebetulan lagi, kakek dan papa Bunda suka main catur. Kakek Bunda dulu setiap malam minggu main catur dengan bapak-bapak tetangga. Papa Bunda bahkan ikut pertandingan segala. Lucunya, Bunda dapat suami yang juga hobi catur! Kayaknya hidup Bunda nggak bisa jauh-jauh dari catur, nih! Apalagi Muhammad ikutan abinya, hobi ‘main catur.’

Ya belum main catur juga, sih, masih taraf gerecokin aja!

anak main caturanak dan caturLiat aja tuh, bidak caturnya malah diselipin di antara jari. Hehe. Gapapa, it’s a good start lah, tar lama-lama kayak Oom Utut ya, Dek!

Nah, denger-denger sih, main catur itu bermanfaat buat anak. Ini beberapa info yang Bunda dapat dari Blog Galeri Catur Indonesia:

  • Sebuah penelitian Dr Albert Frank di Zaire tahun 1973-1974 menemukan anak-anak yang bermain catur memiliki kecerdasan spasial (ruang), numeric (angka), administrasi, dan kemampuan mengarang. Dr Robert memberi catatan bahwa temuan ini menunjukkan kemampuan itu tak hanya berlaku secara individual, pada satu-dua orang saja, tapi umumnya pada mereka yang bermain catur.
  • Sebuah penelitian tahun 1990-1992 di New Brunswick, Kanada, menunjukkan nilai-nilai permainan catur dapat mendorong kemampuan pemecahan masalah di antara anak-anak (Gaudreau, 1992).
  • Robert Ferguson dari Bradford, PA School District yang menguji sejumlah siswa kelas 7 sampai 9 (1979-1983), menemukan fakta, setelah menghabiskan 60-64 jam pelajaran catur selama 32 pekan, para siswa menunjukkan kemajuan berpikir kritis secara signifikan.

Nah, setelah baca ini, Bunda jadi pingin minta si Abi untuk men-‘catur’-kan anak di rumah. Hehe. Maksudnya ngajak anak-anak main catur gitu, tapi dengan lebih serius, supaya bisa merasakan juga manfaatnya.

Ada yang sudah men-catur-kan anak-anaknya? Cerita dunks! :)

Mari Berbagi
(Visited 72 times, 1 visits today)
, , , , ,
2 comments on “Manfaat Anak Bermain Catur
    • hihi iya ya gak seru kalo gak ada temen mainnya :)
      yuk main sama muhammad, hihi tar digerecokin doang siy tapinya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *