Mencari Nama Anak

Mencari nama anak adalah hal yang menyenangkan. Bunda dan Abi banyak diskusi saat memilihkan nama anak. Prinsip kami, selain indah, nama anak juga harus ada maknanya.

Saat memilihkan nama Hana, Bunda hanya mengajukan nama depan yang langsung disetujui Abi. Nama belakang atau keduanya, Alfazzahra, adalah kreasi Abi.

Arti nama Hana kata per kata adalah sebagai berikut:

  • Hana: dalam bahasa Arab artinya riang, dalam bahasa Jepang artinya bunga, selain itu juga kata Hana berasal dari perpaduan nama Abi, HAdi, dan Bunda, NAdiah.
  • Alfa: dalam bahasa Arab artinya seribu.
  • Zahra: dalam bahasa Arab artinya bunga atau kecemerlangan, selain juga mengambil dari nama putri Rasulallah SAW.

Secara keseluruhan, arti nama Hana Alfazzahra adalah Bunga Kebahagiaan Hadi dan Nadiah yang memiliki banyak kecemerlangan. :)

Bagaimana dengan Muhammad? Nah, untuk nama anak kedua, saat berdoa, Abi nazar, kalau laki-laki, akan diberi nama Muhammad. Nanti kepanjangannya akan dipikirkann kemudian.

Bunda sempat mengajukan Hanif yang artinya muslim yang teguh atau lurus — supaya mirip gitu sama Hana hehe. Hana mengajukan Adib yang artinya penulis — hihi biar sama-sama jadi penulis kali ya. Sedangkan Abi mengajukan Salim, dari nama kedua kakek Abi dan dari kata selamat.

Tapi akhirnya kami memutuskan HANYA Muhammad. Supaya simple dan supaya nama panggilannya Muhammad. Karena, kebanyakan jika namanya menggunakan Muhammad dan ada nama kedua, yang dijadikan panggilan adalah nama kedua tersebut.

Sampai sekarang, walau rencananya Muhammad adalah anak bungsu di keluarga kecil Bunda, Bunda dan Hana masih suka iseng buka buku nama anak. Soalnya, merangkai nama itu memang menyenangkan. Apalagi kalau nama itu bisa indah dan punya makna yang bagus. Kapan-kapan Bunda share ya ide nama yang sempat Bunda rangkai. :)



Mari Berbagi
(Visited 806 times, 1 visits today)
, ,
2 comments on “Mencari Nama Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *