Psikotes Anak TK

hasil-psikotes

Sekitar awal bulan Desember tahun lalu, Hana ikut serta dalam psikotes di TK-nya. Entah mengapa, si Bundanya baru menerima hasilnya kemarin. Tapi, bukan itu yang jadi masalah.

Masalahnya adalah…hasilnya membuat kening berkerut.

IQ Hana masih dalam taraf normal, bahkan mepet ke superior. Tapi, kok tipologi kepribadiannyaExhibitionist” sih yaaa???

Saat menerima hasil itu kemarin di rumah–Bu Guru menitipkan ke Mbaknya Hana–, si Bunda langsung merasa heran. Memang ada ya tipologi tersebut? Setahu si Bunda, adanya Kholeris, Melankolis, Sanguinis atau Pleghmatis.

Hm…maksudnya apa yaaa?

psikotes-hana

Langsung deh tanya ke teman yang kebetulan lagi ambil S2 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Si teman yang baik hati ini langsung meminta agar hasil psikotes itu di-scan dan dikirimkan kepadanya untuk ia bahas bersama teman-teman kuliah.

Wah, si Bunda langsung bersemangat.

Hasil psikotes tersebut sudah dikirimkan. Katanya, hari ini akan didiskusikan.

Duh, jadi nggak sabar menanti hasil pembahasan.

8 Comments on Psikotes Anak TK

  1. ning-mahayoe
    February 20, 2009 at 10:42 (6 years ago)

    ha ha ha..hana..hana..update hasil diskusi selanjuutnya yaah bunda nanaaaD…=)

    Reply
  2. Bunda
    February 20, 2009 at 12:00 (6 years ago)

    Pastinya, Tante Ning hehehehee

    Reply
  3. mama keysha
    March 1, 2009 at 16:09 (5 years ago)

    wach…jadi pingin tahu juga hasilnya…..

    Reply
  4. pranowo
    November 23, 2009 at 12:22 (5 years ago)

    METODE PERTAMA DI INDONESIA

    OUT BOUND CALISTUNG
    Semakin dini usia anak, maka konsep bermain itu belajar sangat melekat didalam system pembelajaran. Berawal dari hal ini, maka kami mempunyai ide jitu, unik, pertama dan paling utama, yaitu Out Bound calistung (cara memperkenalkan membaca, menulis dan menghitung dengan metode Out Bound.

    Reply
  5. Harry
    June 17, 2011 at 09:03 (3 years ago)

    Anak sy jg ditest dan disimpulkan mempunyai kecendurungan berlebihan untuk menutup diri, menguasai dan depresi alias mempunyai sifat dominative, padahal sehari harinya anaknya sangat perhatian sama saudaranya, mau mengalah dan ceria sperti biasa, ketika diprotes bahwa kesimpulan berbeda dengan apa yang diamati oleh kami orang tuanya, si psikolog ini bilang bahwa sifat ini nanti kalo dewasa baru meledak seperti pelaku mutilasi(……?????) wow….psikolog atau apa ini ya…???? Akhirnya kami cuekin aja kesimpulan psikotes yang hanya berdasarkan pengamatan sekilas ini.

    Reply
  6. ely
    April 25, 2012 at 10:35 (2 years ago)

    anak saya mau masuk sd dan katanya akan ada tes iq dan tes psykotes, kira2 untuk daerah cinere ada nggak ya tempat utk mengikuti test tsb (sebagai simulasi utk anak saya) terimakasih

    Reply
    • Bunda
      May 1, 2012 at 22:16 (2 years ago)

      Kalau di Cinere, aku nggak tahu, Bun. Tapi mungkin bisa beli buku2 tentang psikotes anak. Walau sebenarnya, saran saya, justru dibiarkan saja tanpa persiapan, agar kita juga sambil melihat bagaimana anak kita. Semoga berkenan.

1Pingbacks & Trackbacks on Psikotes Anak TK

  1. Tes IQ di TK B | Tingkah Anak
    May 7, 2010 at 22:50 (4 years ago)

    [...] yang kedua kalinya Hana ikut Tes IQ.  Sebelumnya, tahun lalu, saat Hana masih di TK A, disebut psikotes. Sekarang Tes IQ — padahal EQ dan SQ juga dites kayaknya [...]

    Reply

Leave a Reply