Tes IQ di TK B

Ini untuk yang kedua kalinya Hana ikut Tes IQ.  Sebelumnya, tahun lalu, saat Hana masih di TK A, disebut psikotes. Sekarang Tes IQ — padahal EQ dan SQ juga dites kayaknya sih.

Anyway, hasilnya memuaskan. Alhamdulillah. Namun, memang ada hal-hal yang masih harus diperbaiki.

otak anak

Kenapa sih kerajinan amat ikut Tes IQ? Sebenernya, kalo Bunda mikirnya sih supaya bisa lihat perkembangan Hana aja. Secara tahun lalu dah ikut, jadi mau di-compare.

Tapi, alasan Bunda2 dan Mama2 lainnya di sekolah Hana lain lagi. Ternyata, katanya hasil Tes IQ ini menjadi salah satu prasyarat untuk masuk ke SD Negeri. Sementara Hana insya Allah akan masuk ke SD berbasis Islam di dekat rumah kami — kalau lulus tes masuknya. Jadi, menurut gurunya, sebenarnya Hana tidak perlu ikut tes ini.

Walau begitu, karena punya kepentingan lain, Bunda pikir tak ada salahnya jika Hana ikut.

Jika tahun lalu Bunda tidak berkesempatan konsultasi dengan psikolog yang melakukan tes, kali ini Bunda bisa konsul walau sebentar.

Tapi, sebenarnya, perlu nggak sih Tes IQ ini buat anak-anak TK?

Bunda bukan pakar yang bisa menjawab. Tapi, tadi sempat mencarikan artikel yang mungkin bisa menjawab pertanyaan itu. Dan, artikelnya ada di sini, di Tabloid Nikita.

Jadi, silakan baca langsung aja ya. Semua kembali kepada kebutuhan orang tua. Kalau Bunda sih lebih suka bisa memantau perkembangan anak.

[Picture by Sanja Gjenero]

,
3 comments on “Tes IQ di TK B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *